MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S-2)

Status Akreditasi : Terakreditasi B Berdasarkan SK Ban-PT Nomor: 1146/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015

Ketua Program Studi : Rahmad Salahuddin, S.Ag., M.Pd.I

 

PENDAHULUAN

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, merupakan salah satu program studi yang bernaung dibawah kepemimpinan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA),  yakni sebuah Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang saat ini sedang berkembang dan menjadi perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur. Merujuk pada visi Umsida, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam dan memiliki keinginan untuk menjadi program studi bermutu tingkat nasional tahun 2020 dibidang manajemen dan kepemimpinan pendidikan berdasarkan nilai-nilai Islam, yang kemudian dibreakdown ke dalam misi, tujuan dan sasaran strategis, sebagaimana tertuang dalam renstra Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam tahun 2011 – 2014 dan 2015 – 2020.

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana yang dikembangkan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo saat ini pada awalnya merupakan salah satu konsentrasi dari Program Studi Ilmu Agama Islam, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor: Dj.05 tahun 2006 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pascasarjana (S2) Program Studi, Studi Ilmu Agama Islam. Dalam Perkembangan selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor DJ.II/55/2006, konsentrasi Manajemen Pendididikan Islam pada Program Studi Ilmu Agama Islam tersebut dikembangkan menjadi satu program studi tersendiri dengan gelar M.Pd. Dan sampai saat ini telah meluluskan dua belas angkatan dengan tepat waktu dan rata-rata alumninya sudah bekerja atau diterima diberbagai lembaga kajian, penelitian, konsultan dan satuan pendidikan di Jawa Tmur.

Kehadiran Program Studi (S2) Manajemen Pendidikan Islam didorong semangat untuk merespon perkembangan Iptek dan tuntutan kebutuhan masayarakat global yang mempersyaratkan pentingnya manajemen profesional dalam pengelolaan lembaga pendidikan.  Kehadiran program ini juga untuk mengatasi salah satu masalah mendasar yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam yaitu lemahnya sistem manajemen pendidikan Islam. Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang berkembang di dunia Islam dan khususnya di Indonesia, belum terurus dengan baik dan bahkan tertinggal jauh dibanding dengan lembaga-lembaga pendidikan lainya dikarenakan lemahnya sistem manajemen dan pengelolaan sumberdaya mansuia maupun sumberdaya lainya yang kurang profesional dalam pengelolaan pendidikan Islam . Karena itu program ini sangat strategis dan dibutuhkan dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia dan pengembangan kelembagaan pendidikan Islam yang profesional, responsif, serta mampu  berkompetisi dan berkolabaorasi dalam masyarakat global.

VISI PROGRAM STUDI

“Menjadi program studi bermutu tingkat nasional tahun 2020 dibidang manajemen dan kepemimpinan pendidikan berdasarkan nilai-nilai Islam.”

 

MISI PROGRAM STUDI:

  • Menyelenggarakan program pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan Islam, dengan menekankan pada kemampuan metodologi dalam kajian ilmu pendidikan Islam, manajemen dan kepemimpinan pendidikan Islam;
  • Menyelenggarakan penelitian di bidang manajemen dan kepemimpinan pendidikan Islam dengan penekanan pada Kajian teoritik manajemen dan kepemimpinan pendidikan Islam, serta aplikasi teoritik manajemen dan kepemimpinan pendidikan;
  • Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang manajemen pendidikan Islam dengan menekankan pada kajian manajemen dan kepemimpinan pendidikan Islam, serta isu-isu dan kebijakan pendidikan;
  • Menyelenggarakan kegiatan kerjasama dengan lembaga/institusi lain yang relevan dengan program peningkatan mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Mendidik dan menghasilkan Magister Manajemen Pendidikan Islam yang menguasai kerangka konseptual, dan metodologi serta mampu menjelaskan fenomena pendidikan dengan penekanan pada kajian manajemen dan kepemimpinan pendidikan.
  2. Mendidik dan menghasilkan Magister manajemen pendidikan Islam yang mampu melakukan penelitian dengan pendekatan interdisipliner terhadap berbagai aspek sosial, manajemen dan pendidikan serta integratif dengan kajian ke-Islaman.
  3. Mendidik dan menghasilkan Magister Manajemen Pendidikan Islam yang memiliki keahlian dan profesionalitas ditunjukkan melalui karya inovatif dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat dibidang manajemen dan kepemimpinan  pendidikan Islam.
  4. Mendidik dan menghasilkan Magister Manajemen Pendidikan Islam yang mampu mengembangkan keilmuan yang relevan untuk menjawab persoalan pendidikan islam di masyarakat, serta menghadapi tantangan pendidikan keagamaan ditingkat global.

 

STANDAR KOMPETENSI DAN KEWENANGAN LULUSAN

Standar kompetensi lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammdiyah Sidoarjo adalah sebagai berikut.

  1. Ilmuwan manajemen pendidikan Islam yang memiliki integritas keislaman, keilmuan dan kepribadian sebagai pemimpin masa depan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional;
  2. Tenaga pendidik dan kependidikan yang memilki kapasitas profesional dalam memanajemen pendidikan Islam yang bermutu dan berdaya saing nasional maupun internasional;
  3. Peneliti manajemen pendidikan Islam yang mampu mengelola hasil-hasil penelitiannya dalam publikasi ilmiah nasional terakreditasi, dan internasional;
  4. Leader yang memiliki kemampuan dan keterampilan manajerial, perencana, pengorganisasi, dan penilai dalam berbagai program pendidikan;
  5. Konsultan manajemen pendidikan pada berbagai posisi dalam sektor pendidikan maupun non pendidikan